Kapolres Asahan, AKBP H Marpaung pimpin Upacara Peringatan hari lahir pancasila 1 Juni 2023 di Lapangan Apel Polres Asahan, Kamis (1/6/2023) Foto : Doni.

IKnews, ASAHAN – Kapolres Asahan, AKBP H Marpaung pimpin Upacara Peringatan hari lahir pancasila 1 Juni 2023 di Lapangan Apel Polres Asahan, Kamis (1/6/2023) pagi yang diikuti oleh Pejabat Utama dan personel Polres Asahan.

Rangkaian upacara tersebut di dahului dengan pengibaran Bendera Merah putih di lanjutkan pembacaan teks pancasila oleh inspektur upacara dan pembacaan Undang – Undang dasar tahun 1945 oleh petugas upacara.

Kapolres Asahan, AKBP Rocky H Marpaung yang membacakan amanat Presiden Republik Indonesia mengatakan, bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara.

Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional, untuk itu sudah selayaknya semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius bangsa indonesia, Dengan demikian Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural,” ujarnya.

Lanjutnya, tahun depan bangsa Indonesia akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024, seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu yang jujur, aman, dan damai. menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 sebagai momentum untuk lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang,” ungkap Kapolres.

Selain itu, Kapolres mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil Polres Asahan atas kehadiran dalam Peringatan hari lahir pancasila Tahun 2023.

Saya mengajak seluruh personel untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

“Mari kita bersama sama melaksanakan dan mengamalkan nilai – nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa,” tegas Orang Nomor Satu di jajaran Polres Asahan. (Infokini.news)

Reporter : Doni Damara

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here