Beranda Kabupaten Nganjuk DLH Nganjuk Beri Edukasi Masyarakat untuk Peduli Lingkungan dan Pelestarian Alam

DLH Nganjuk Beri Edukasi Masyarakat untuk Peduli Lingkungan dan Pelestarian Alam

16
0
Gambar : DLH Nganjuk beri edukasi masyarakat untuk peduli lingkungan dan pelestarian alam.

IKNews, NGANJUK – Untuk mengedukasi masyarakat selalu berperan aktif dalam pelestarian alam dan lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nganjuk menggelar pembinaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, pihaknya berharap masyarakat tetap memelihara lingkungan dengan baik dan cinta kepada alam. Karena pada prinsipnya, jika masyarakat cinta pada alam, maka alam juga akan cinta pada masyarakat.

“Prinsip tersebut harus selalu diingat, sehingga rasa cinta pada alam dan lingkungan tertanam baik di kehidupan masyarakat,” kata Marhaen Djumadi, Selasa.

Dikatakan Marhaen Djumadi, banyak kondisi lingkungan hidup yang harus dikelola dengan baik sekarang ini.

Seperti kondisi eksisting sampah yang ada di Kabupaten Nganjuk yang harus diolah sedemikian rupa agar dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

“Seperti kegiatan dari salah seorang pemuda asal Baron yang mampu mengolah sampah logam menjadi aksesori sepeda motor. Itu menggambarkan bahwa limbah yang dikelola dengan baik, akan menambah nilai jual,” ucap Marhaen Djumadi.

Untuk itu, ungkap Marhaen Djumadi, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar mengelola lingkungan dengan baik.

Seperti yang sedang digalakkan saat ini oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan). Bagaimana lahan Perhutani yang kosong bisa dikelola agar berdampak positif bagi sosial ekonomi masyarakat, sehingga tercipta kelestarian lingkungan dan keberlangsungan hidup manusia,

Makanya, tambah Marhaen Djumadi, melalui rakor lingkungan tersebut bisa menjadi momentum pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup secara lebih konsisten dengan komitmen yang sangat tinggi.

“Sumber daya alam yang kita miliki ini perlu dikelola untuk masyarakat, dengan tidak hanya mempertimbangkan generasi masa kini tetapi juga generasi yang akan datang,” tandas Marhaen Djumadi.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk, Subani menambahkan, kegiatan pembinaan lingkungan tersebut digelar dalam rangka memberdayakan sumber daya manusia.

Terutama dari perusahaan, perbankan, maupun kelurahan agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Di mana kepedulian lingkungan tidak hanya terkait konservasi, akan tetapi juga terkait masalah persampahan di Kabupaten Nganjuk.

“Tujuan akhirnya yakni harus ada rasa kepedulian. Karena sesuai dengan Perda (peraturan daerah) sudah menjadi satu kewajiban dari perusahaan, atau lembaga apapun yang harus terlibat di dalam upaya pengelolaan lingkungan,” tutur Subani.*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini