Beranda Daerah Kotamobagu Dinas PRKP Kotamobagu Raih Juara I, Kategori OPD Innovative Government Award...

Dinas PRKP Kotamobagu Raih Juara I, Kategori OPD Innovative Government Award 2023

17
0
Kepala Dinas PRKP Chelsia Paputungan

IKNews, Kotamobagu – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Kotamobagu merahi penghargaan juara 1 dalam kategori organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Innovative Government Award (IDA) Kota Kotamobagu tahun 2023.

Lomba Inovasi Daerah tersebut , Dinas PRKP mempresentasikan inovasi terbaik mereka SIPELITA atau Sistem Pengendalian dan Pemantauan Alat Penerangan Jalan.

“Jadi SIPELITA ini akan kami terapkan di Kota Kotamobagu,”ucap Kepala Dinas PRKP Kotamobagu, Chelsia Paputungan kepada awak media, Selasa (16/5/2023)

Ia mengatakan dengan adanya SIPELITA ini pihaknya dapat memantau serta mengetahui beberapa kendala terkait adanya titik lampu merah yang tidak berfungsi.

“Jadi melalui SIPELITA operator kami dapat mengetahui beberapa titik lampu yang tidak berfungsi lagi atau terdapat bermasalah,”terangya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan dengan ini pihaknya telah membuat beberapa contoh miniatur di Kotamobagu.

“Sebelumnya kami sudah membuat beberapa contoh miniatur di Kotamobagu, dan ini sangat efektif, dari segi pelayanan penerangan jalan umum ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,”jelasnya

Menurutnya, manfaat lainnya dari SIPELITA ini berada pada segi penganggaran yang cukup murah.

“Operasional penganggaran atau penekanan penganggaran, serta pembiayaan lainnya yang kami tekan sehingga penganggaran untuk penerangan jalan umum akan sesuai dengan yang diharapkan,”ungkapnya

“Maka kami berharap Pemkot Kotamobagu kedepannya terus mendukung inovasi yang kami gagas ini,” pungkasnya.

Sementara, Asisten II Sekda Kotamobagu, Siti Rafiqah Bora mengatakan, IGA 2023 mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Bank Indonesia. 9 OPD memberikan inovasi ini dan sangat potensi menjadi inovasi unggulan yang akan menjadi modal yang boleh kita bawa ke Kemendagri.

“Tentu sangat mengapresiasi IGA Kotamobagu ini, di mana, Kotamobagu terbaik karena mampu mengangkat berbagai inovasi yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat, sebagaimana arahan Presiden Jokowi tentang inovasi,” ucapnya.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini