Beranda Kabupaten Kaur Destinasi Wisata Pantai Laguna Dongkrak PAD Pemkab Kaur

Destinasi Wisata Pantai Laguna Dongkrak PAD Pemkab Kaur

364
0
Destinasi Pantai Laguna Samudera yang berada di desa Merpas kecamatan Nasal berhasil mendongkrak PAD

IKNews, KAUR – Ramainya kunjungan wisata di beberapa objek wisata di kabupaten Kaur berimbas bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat. Peningkatan tersebut bahkan melonjak tajam selama liburan lebaran kemarin.

Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Kaur, Marnida Sumarni  mengungkapkan, realisasi PAD kabupaten Kaur dari bidang wisata dari bagi hasil penjualan tiket di beberapa tempat wisata yang ada di kabupaten Kaur hingga kemarin, Destinasi Pantai Laguna Samudera yang berada di desa Merpas kecamatan Nasal berhasil mendongkrak PAD.

“Di mana target PAD selama tahun ini 2023 berjumlah 70 juta, sedangkan dari pantai Laguna berhasil mengumpulkan ( Rp 16. 584 000) Enam Belas Juta Lima Ratus Delapan Puluh Empat Ribu Rupiah.  sedangkan dari dua wisata yang ada di kecamatan Maje masih di bawah harapan,” ujarnya.

“Secara umum, jumlah total pengunjung ke beberapa objek wisata di kabupaten Kaur  selama liburan atau hari raya +  2 & 3   kemarin mencapai  +- 15  ribuan pengunjung. Data tersebut berdasarkan hasil laporan pengelola masing-masing objek wisata dan karcis yang habis,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Kaur, Marnida Sumarni

Beberapa objek wisata besar dan primadona selain Pantai Laguna  di kecamatan Nasal menjadi unggulan dalam lebaran kali ini. Seperti objek wisata pantai Pengubaian  di kecamatan Kaur Selatan  jumlah pengunjungnya  di perkirakan mencapai Ribuan  orang juga.

“Berdasarkan tiket, serta monitoring dan laporan yang kita terima, jumlah pengunjung tahun ini di seluruh objek wisata naik, dan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya,” jelas Marnida Sumarni.

Peningkatan itu sendiri tidak terlepas dari peranan para pelaku pariwisata sendiri. Baik yang mempromosikan pariwisata secara online melalui pemberitaan di beberpa Media Online dan  di media sosial fb para pengelola  hingga dari mulut ke mulut.

“Untuk mengejar PAD kita selanjutnya, kita akan memanfaatkan waktu hingga akhir tahun dengan kegiatan-kegiatan yang sudah ada di kalender event kita. Juga memanfaatkan liburan akhir tahun nanti. Hingga saat ini jumlah pengunjung masih didominasi oleh wisatawan lokal. Dan biasanya, liburan akhir tahun akan banyak wisatawan dari luar daerah,” katanya.

Zuryanto selaku pengelola pantai Laguna menjelaskan, khusus pengunjung pantai Laguna pada saat lebaran + 2  & 3 tahun ini meroket dari tahun sebelumnya  Jika pada tahun sebelumnya jumlah pengunjung kisaran  4 hingga 5  ribu, lebaran tahun ini naik mecapai +- 8  ribu pengunjung.

Salah seorang pengunjung yang datang dari Lahat provinsi Sumatra Selatan,  Edi yang sempat di mintai keterangan pada saat lebaran +3 bahwa pantai Laguna memang menjadi tujuan utama kami saat liburan seperti ini, kami sekeluarga setiap tahunnya memang menyempatkan waktu untuk berlibur ke sini ujar Edi.

Edi juga menjelaskan bahwa selain penduduknya yang ramah, air lautnya juga masih bersih dan di tunjang lagi oleh pepohonan yang rindang serta lokasi pemandiannya memungkinkan untuk setiap kalangan, dari dewasa hingga anak anak.tapi jujur saya sampaikan bahwa masih ada kekurangannya, yakni fasilitasnya masih sangat kekurangan, sebab saya perhatikan dari tahun ke tahun, kok tidak ada penambahan infratruktur sebagai penunjang, dari tahun 2019 hingga tahun ini 2023 tidak ada perobahan yang membuat daya tarik peminat,misalnya tempat duduk santai, permainan anak anak seperti tempat wisata lainnya, saya yakin jika pemda Kaur menambah fasilitasnya, tahun depan pantai Laguna akan lebih padat lagi tutur Edi.

Reporter : Pachroul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini