Beranda Sulawesi Tengah Buol Butukan Wakili Kecamatan Bokat Ikuti Lomba Desa di Kabupaten Buol

Butukan Wakili Kecamatan Bokat Ikuti Lomba Desa di Kabupaten Buol

95
0
Gambar : Ketu Rombongan Tim Penilai Lomba Tingkat Kabupaten (Kasim Rauf) saat Penyambutan Pengalongan Bungan Oleh Kepala Desa Butukan Jufri A. Asih (Jumat, 26/05/23).

IKNews, Buol – Desa Butukan salah satu Desa yang ada di Kecamatan Bokat Kabupaten Buol, mewakili Kecamatan Bokat dalam mengikuti lomba desa tingkat kabupaten.

Menurut Kepala Desa (Kades) Butukan, Jufri A. Asih, sebagai desa yang mewakili Kecamatan Bokat, merupakan suatu kesyukuran dan kepercayaan guna memberikan motivasi serta mendidik masyarakat desa agar terpicu dan terpacu semangatnya untuk membangun desa, yang berbasis pada pengembangan prakarsa dan swadaya gotong-royong masyarakat pedesaan.

Menurutnya, lomba desa sebenarnya mempunyai berbagai macam keuntungan yaitu, kita akan mengetahui berbagai macam kekurangan yang ditemui di lapangan serta sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai. Desa Butukan mewakili Kecamatan Bokat dalam Kegiatan Lomba Desa tingkat Kabupaten.

Gambar : Ketua Tim Penilai Lomba Desa, Kepala Dinas BPMD, Ketua PKK Kabupaten, Camat Bokat, Ketua PKK Kecamatan, Kades Butukan dan Ketua PKK Desa Butukan.

“Desa Butukan lebih menonjolkan keindahan aksesoris sepanjang jalan yang membuat kampung lebih gemerlap dan lebih fokus pada profil dan monografi desa,” jelas Kades.

Selanjutnya, kata Kades, Pemerintah Desa (Pemdes) telah melakukan berbagai upaya guna meningkatkan pembangunan masyarakat desa yang dapat menunjang akselerasi pencapaian target yang meliputi, Tingkat Perkembangan Pendidikan Masyarakat, Tingkat Kesehatan Masyarakat, Tingkat Perkembangan Ekonomi Dan Kerakyatan, Tingkat Keamanan dan Ketertiban, Tingkat Partisipasi Masyarakat, Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Lembaga Kemasyarakatan, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

“Tujuan diadakannya Lomba Desa ini untuk mengevaluasi secara menyeluruh dan terpadu kegiatan pembangunan desa, baik yang bersumber dari keuangan pemerintah maupun swadaya masyarakat dalam rangka memotivasi dan mengapresiasi budaya gotong royong,” pungkas Kades Butukan Jufri A. Asih.*

Reporter : Jamaluddin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini