Wali Kota Batam, Muhammad Rudi kembali hadir pada acara musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di tingkat kelurahan yang berada di Kecamatan Galang, Rabu (25/1/2023). FOTO : RIKO

TNews, KOTA BATAM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi kembali hadir pada acara musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di tingkat kelurahan yang berada di Kecamatan Galang.

Kali ini adalah Kelurahan Sijantung, meskipun hujan tak menyurutkan Rudi bertemu langsung dengan masyarakatnya. Kehadirannya tidak lain adalah ingin mendengarkan usulan-usulan pembangunan dari masyarakat.

“Tahapan Musrenbang ini kita mulai dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan hingga nanti tingkat Kota Batam,” kata Rudi, Rabu (25/1/2023).

Disampaikan Rudi melalui musrenbang ini diharapkan dapat mengakomodir usulan-usulan pembangunan di lingkungan pemukiman warga. Terutama yang menjadi prioritas utama.

“Jadi silahkan dibahas bersama Lurah dan Camat, untuk tingkat kota nanti baru saya yang akan memimpin,” kata Rudi.

Rudi menjelaskan saat ini Pemko Batam dan juga BP Batam tengah fokus untuk membangun Batam. Karena itu sejumlah proyek infrastruktur dalam beberapa tahun terakhir ini terus menjadi prioritas utamanya.

Tak hanya di pusat Kota Batam saja, saat ini menurutnya pihaknya juga sudah menyusun sejumlah perencanaan pembangunan di Kecamatan Galang atau wilayah Barelang ini.

“Saya ingin menjadikan Batam kota modern dan madani. Tujuannya tidak lain adalah untuk mensejahterakan semua masyarakat Batam,” kata Rudi.

Dalam kesempatan itu, Rudi menyampaikan kenapa pembangunan infrastruktur seperti jalan, bandara, pelabuhan dan lainnya ini penting untuk dimulai dari sekarang.

Alasannya tidak lain adalah supaya ekonomi Batam dapat bergerak tumbuh dengan pesat. Sehingga dapat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kota Batam. Jika PAD terus meningkat tentu Batam akan dapat benar-benar menjadi kota yang baru.

“Bagi saya tidak ada kata terlambat. Karena itu saat ini kita bangun pondasinya dan kita mulai kita bangun agar ada peningkatan pendapatan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina yang turut hadir dalam musrenbang tersebut memberikan apresiasi atas antusiasme masyarakat yang hadir dalam musrenbang.

Menurutnya usulan-usulan masyarakat yang menjadi kewenangan Provinsi Kepri, nantinya juga akan ditindaklanjuti. Sehingga dipastikan juga akan dibahas bersama OPD terkait.

“Mari kita juga terus dukung pembangunan yang saat ini dilakukan oleh pemerintah. Yakin dan percayalah atas komitmen Bapak Wali Kota Batam dan juga Kepala BP Batam,” kata Marlin.

Reporter : Riko

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here