Beranda Daerah Kotamobagu Mengenal Rumah Adat ‘Kinuyungan’ di Motoboi Besar

Mengenal Rumah Adat ‘Kinuyungan’ di Motoboi Besar

98
0
Rumah adat 'Kinuyungan' yang terletak di Kelurahan Motoboi Besar Kecamatan Kotamobagu Timur. (FOTO : ICAT/16/12/2022)

IKNew, KOTAMOBAGU – Rumah adat ‘Kinuyungan’ yang terletak di Kelurahan Motoboi Besar Kecamatan Kotamobagu Timur, ternyata menjadi gambaran akan kentalnya kearifan lokal dan Adat Budaya Mongondow.

Rumah adat ini, merupakan bantuan dari Presiden RI Joko Widodo melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dibangun pada 2015 lalu.\

“Kelurahan ini juga merupakan salah satu dari 132 Kelurahan/Desa se Indonesia yang telah ditunjuk Kemendikbud RI sebagai Kelurahan adat di Kotamobagu. Nah, atas penunjukan itu, disusul dengan bantuan pembuatan rumah adat ini yang dikenal dengan nama Kinuyungan In Adat,” ungkap Aki Ao Paluda, Tokoh Adat BMR.

Aki yang juga sebagai Ketua Dewan Adat Bolaang Mongondow Timut (Boltim) ini adalah perintis terbentuknya bangunan rumah adat tersebut.

“Saya waktu itu ikut bersama Dua pemerhati juga penyulu budaya di Kotamobagu ke Kemedikbud untuk memasukan proposal, Bersyukur Kelurahan ini mendapatkan bantuan pembuatan rumah adat itu,” jelas Pria 60 Tahun itu.

Rumah “Kinuyungan” itu juga bisa disebut museum, karena menyimpan beberapa alat-alat budaya Mongondow, seperti Alat tarian Kabela, alat penjemput adat dan masih banyak lagi peninggalan Budaya-budaya Mongondow yang masih terjaga.

“Ada juga Kolintang, Gambus, Tuitan dan ada juga alat budaya lainnya yang bersejarah, ” ujarnya

Dia berharap, keberadaan rumah adat tersebut dapat mendorong dan mengangkat budaya-budaya BMR kususnya di Kotamobagu.

“Tentu dengan adanya rumah adat ini, Saya berharap dapat menjadi Ikon Kotamobagu dalam mendorong dan mengangkat budaya di Kotamobagu,” pungkasnya

Reporter : Irsat Ganggai 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini