15 nama calon KIP Sulut diserahkan kepala dinas Kominfo Sulut Steven Liow kepada ketua DPRD Sulut dr. Fransiskus Andi Silangen, Rabu (7/12/2022). FOTO : DEDE

IKNews-Sulut – Setelah melalui sejumlah tahapan seleksi, Panitia akhirnya menetapkan 15 nama calon anggota Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sulawesi Utara (Sulut) yang akan menjalani fit and Proper test oleh Komisi I DPRD Sulut Minggu Depan.

15 nama tersebut diserahkan kepala dinas Kominfo Sulut Steven Liow mewakili Gubernur Olly Dondokambey, penyerahan didampingi langsung ketua Panitia seleksi (Pansel) Ferry Liando kepada ketua DPRD Sulut dr. Fransiskus Andi Silangen, didampingi pimpinan komisi I Braien Waworuntu, dan Melky Jakhin Pangemanan, serta Kabid Kominfo sekaligus sekretaris Pansel Christian Iroth, Rabu (7/12/2022).

Ketua Pansel Ferry Liando menjelaskan 15 calon anggota KIP yang disodorkan ke DPRD Sulut telah memenuhi semua kriteria maupun penilaian yang ditetapkan panitia termasuk masukan dari masyarakat.

“Yang pasti ini, tadi saya juga sudah cek ke sekretaris tadi, apakah ada kritik masyarakat? ternyata sampai hari ini tidak ada, dan mudah-mudahan tidak ada, dan kami juga di panitia seleksi kebetulan tidak ada pendapat berbeda, jadi pendapatnya sama semua.” jelas Liando.

Liando juga menambahkan, selama proses seleksi tersebut, panitia telah berupaya dan bekerja maksimal sehingga menghasilkan 15 nama untuk menjalani fit and propertes di DPRD yang nantinya akan menjaring 5 nama.

Selanjutnya 5 nama yang lolos fit and propertes akan di SK- kan Gubernur kemudian diadakan pelantikan

“Kami bekerja nyaman, tidak ada tekanan-tekanan, tidak ada harus memaksakan masuk di tim, kami bekerja berdasarkan profesionalisme. Mungkin barangkali atas dasar itu sehingga sampai sekarang ini tidak ada kritikan-kritikan.” ujar Liando.

Ia juga mengungkapkan selama proses penjaringan, panitia selalu mengedepankan transparansi dengan mempublikasikan setiap tahapan termasuk angka-angkanya, cara memeriksa berkas serta pemeriksaan soal-soal dari peserta seleksi.

Melky Pangemanan, Braien Waworuntu, dr. Andi Silangen, Steven Liow, Ferry Liando, Christian Irot.

Sementara Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andi Silangen yang juga koordinator komisi I mengatakan akan segera menjadwalkan agenda seleksi fit and proper test bagi 15 calon anggota KIP Sulut tersebut.

“Dari 31 orang yang diseleksi yang lulus 15 orang, dan 15 nama ini sudah diserahkan ke kita di dewan (DPRD Sulut) dan nanti kita akan kembali fit and proper test untuk menetapkan 5 yang terbaik dari 15 orang ini.” ujar Silangen.

Silangen menegaskan, DPRD melalui komisi I akan bekerja secara profesional dan terbuka berdasarkan angka – angka yang diperoleh peserta.

”Secepatnya kita jadwalkan, lebih cepat lebih bagus, minggu depan selesai kegiatan Sosialisasi Perda (SosPer) karena ini kan komisi I semua, jadi tidak sulit,” tandas Silangen.

Berikut 15 nama calon anggota KIPyang akan menjalani fit and proper test ;

ANDRE R M MONDONG
WANDA N TURANGAN
ISMAN MOMINTAN
ARMIN MADIKA
RISAT YUSAK IMANUEL SANGER
GRACE M A DENGAH
NOLLY SEMUEL LONDA
DICKY P O TUMBEL
HENTJE W LUMENTUT
NOVENDY H KAUNANG
RAYMOND H PASLA
PHILEP MORSE REGAR
APRILES A MANDOME
CARLA CHRISTY GERRET
MEIDY MAYER

(Desieree)***

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here