Puskesmas Motoboi Kecil meraih penghargaan kategori Cakupan Skrining IVA (Inspeksi Visual Asetat) Tertinggi se-Sulawesi Utara. (Foto : Humas)

IKNews, KOTAMOBAGU – Puskesmas Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, meraih penghargaan kategori Cakupan Skrining IVA (Inspeksi Visual Asetat) Tertinggi se-Sulawesi Utara, Sabtu (19/11/2022), di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu, dr. Wahdania Mantang, M.Kes., penghargaan diraih berkat keberhasilan pemeriksaan dan pengendalian melalui deteksi dini kanker serviks di wilayah Kotamobagu.

“Kanker serviks atau kanker mulut rahim adalah pembunuh nomor satu di Indonesia. Terkait dengan program ini Kotamobagu sudah mempunyai SDM yang dilatih langsung oleh Kementrian Kesehatan dengan jumlah 30 Nakes pada tahun 2017  dan sudah mempunyai alat Cyoterapi di 5 Puskesmas utuk pencegahan lesi Pra Kanker,” ucap Wahdania.

Setiap bulannya 5 Puskesmas yang ada di Kotamobagu sudah melaksanakan pemeriksaan IVA ( Inspeksi Visual Asetat ) deteksi dini Kanker serviks pada masyarakat Kotamobagu

“Dan Pada Tahun 2022 Puskesmas Motoboi Kecil melaksanakan pemeriksaan IVA deteksi dini kanker serviks dengan jumlah kunjungan terbanyak  dengan penemuan Positif IVA 3 orang dan Curiga Kanker serviks 5 orang,” lanjutnya.

Wahdania pun berharap seluruh masyarakat agar mau dan proaktif mengikuti kegiatan tes Inspeksi visual dengan asam asetat yang dilaksanakan oleh fasilitas kesehatan yang ada di Kotamobagu.

“Kesehatan lebih penting dan mencegah itu lebih baik dibanding mengobati. Dengan pemeriksaan IVA kita bisa lebih awal mendeteksi apakah ada kanker atau tidak,” ujarnya.

Reporter : Irsat Ganggai

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here