Beranda Politik Gelar Sosbang, MJP: Pentingnya Meningkatkan Pemahaman Mengenai Wawasan Kebangsaan

Gelar Sosbang, MJP: Pentingnya Meningkatkan Pemahaman Mengenai Wawasan Kebangsaan

56
0

INFOKINI.NEWS- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara Melky Jakhin Pangemanan (MJP) menggelar kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan di Sutan Raja Hotel Manado, Jl. Raya Manado-Bitung, Watutumou II Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (5/7/2022).

Pada kesempatan tersebut, legislator yang akrab disapa dengan sebutan MJP ini memaparkan bahwa Wawasan Kebangsaan merupakan konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah, meliputi tanah (darat), air (laut) termasuk dasar laut dan tanah di bawahnya dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan, yang mempersatukan bangsa dan negara secara menyeluruh mencakup segenap bidang kehidupan nasional yang meliputi aspek ekonomi, politik, sosial budaya, dan hankam.

Dihadapan para warga yang hadir, Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu menyebutkan, Wawasan Kebangsaan sebagai konsepsi politik dan kenegaraan yang merupakan manifestasi pemikiran politik bangsa Indonesia.

“Sebagai satu kesatuan negara kepulauan, secara konseptual, geopolitik Indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebut Wawasan Nusantara dan politik luar negeri bebas aktif. Sedangkan geostrategi Indonesia diwujudkan melalui konsep Ketahanan Nasional yang bertumbuh pada perwujudan kesatuan ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan,” sebut MJP sembari menjelaskan.

Lebih lanjut dikatakan MJP, untuk menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air, maka perlu secara terus menerus untuk meningkatkan pemahaman mengenai Wawasan Kebangsaan.

“Dengan Wawasan Kebangsaan yang kuat, diharapkan seluruh anak Bangsa akan memiliki cara pandang dan tujuan yang sama dalam mencintai dan berpartisipasi aktif dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai gangguan, ancaman dan hambatan yang dapat merobek dan mencabik rasa persatuan sebagai sebuah Bangsa,” kata dia.

Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sulut ini berharap, Wawasan Kebangsaan dapat menjadi sarana yang efektif untuk dapat menangkal berbagai ancaman yang muncul baik dari dalam negeri maupun yang datang dari luar negeri. Termasuk dalam rangka untuk mencegah berkembangnya berbagai paham dan ideologi yang bertentangan dengan Ideologi Pancasila sebagai dasar negara.

“Wawasan Kebangsaan juga menjadi sebagai sarana untuk memberikan pedoman dalam melaksanaan tugas setiap warga negara, baik yang menjalankan tugas sebagai pemerintah, legislatif, yudikatif, ASN, TNI/POLRI, pengusaha, mahasiswa dan berbagai profesi lainnya dapat bertindak didasari pada cara pandang yang sama untuk secara bersama-sama memajukan dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Ketua PSI Sulut itu juga mengatakan, pelaksanaan sosialisasi dan kegiatan semacamnya yang berkaitan dengan Wawasan Kebangsaan, perlu terus digalakan dalam berbagai kegiatan agar meningkatkan pemahaman dan kesamaan pandangan dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

“Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Utara merupakan salah satu unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang juga mempunyai tugas untuk menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air melalui peningkatan Wawasan Kebangsaan,” pungkasnya.

(DNL)**

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini