Stand DPRD Kota Kotamobagu di kegiatan Legislatif SulutGo di Manado Town Square (Mantos) 3 yang dilaksanakan mulai Selasa 31 mei hingga Jumat 03 juni 2022. (FOTO : KOKO)

IKNews, MANADO – Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kota Kotamobagu mengikuti kegiatan Legislatif SulutGo Expo ke 10 di Manado Town Square (Mantos) 3 yang dilaksanakan mulai Selasa 31 mei hingga Jumat 03 juni 2022.

Melalui Kegiatan tersebut, DPRD Kotamobagu mempromosikan produk Industri Kecil Menengah (IKM) dari Kotamobagu.

Hal ini, dibenarkan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kotamobag, Moch Agung Adati. “ Ajang ini dapat dimanfaatkan untuk promosi produk IKM. Semua peserta memanfaatkan momen ini untuk menjual produk unggulan daerah masing-masing,” kata Agung.

Dikatakan Agung, ajang Legislatif Expo membuktikan bahwa, wakil rakyat tak hanya melakukan tiga fungsinya. Yakni, Legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah. Budgeting, kewenangan dalam hal anggaran daerah(APBD), Pengawasan, Kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

“ Artinya bahwa Anggota Dewan tak hanya terlibat dalam urusan membuat kebijakan, tetapi secara nyata ikut dalam mempromosikan produk dan seni budaya daerah,” ujar Agung.

Lanjutnya, kegiatan ini sangat strategis bagi DPRD sebab banyak hal yang bisa dilakukan dalam kegiatan ini.

“Diantaranya menjadi sarana tukar menukar informasi terkait tupoksi DPRD dalam malakukan fungsi Penganggaran, Pengawasan dan Legislasi. Selain itu ajang ini menjadi wadah sosialiasi berbagai produk hukum daerah, ekpouse hasil kerja-kerja Dewan, tukar menukar informasi dalam rangka peningkatan kinerja dewan,” tutur Agung.

Agung menilai, kegiatan tersebut sangat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja sekretariat. “ Sebab disini kami bisa mengambil banyak pelajaran dari daerah lain dalam memfasilitasi tugas-tugas DPRD,” ucap Agung.

REPORTER : IRSAT GANGGAI

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here