Beranda Sulut Maya Rumantir Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di SMA Negeri 6 Manado

Maya Rumantir Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di SMA Negeri 6 Manado

136
0

INFOKINI.NEWS- Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UU NRI 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika) oleh Anggota DPD RI /MPR RI, DR.Maya Rumantir, MA.Ph.D dilaksanakan di SMA Negeri 6 Manado.

Kedatangan Anggota DPD RI tersebut disambut antusias oleh semua tamu undangan yang hadir dengan menyanyikan lagu Patriotisme karya Beliau yang berjudul “Bangkitlah Pemuda Indonesia”.

Sosialisasi tersebut juga di buka dengan Doa oleh salah satu Guru SMAN 6 Manado, Ibu Oli. Dilanjutkan dengan sambutan Wakil Kepala Sekolah SMAN 6 Manado, Jetie A. Salindeho.

Staf Khusus di daerah, Pak Jabir yang juga sebagai moderator membuka pertemuan tersebut. Dilanjutkan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan oleh Ibu DR. Maya Rumantir dan memberikan semangat kebangsaan “Masa depan Bangsa dan Negara ada ditangan Generasi Penerus Bangsa yaitu Para generasi muda”.

Dalam pemaparan materinya, Senator Maya Rumantir mengungkapkan pentingnya pemahaman serta implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan tersebut, yaitu Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia (NRI) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Menurut Anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) ini, dalam hal implementasi nilai-nilai empat pilar kebangsaan tersebut, dibutuhkan kesadaran yang tinggi dari seluruh lapisan masyarakat, teristimewa generasi muda yang masih menjalani proses pendidikan di sekolah.

Ditambahkannya, sebagai dasar negara, Pancasila merupakan dasar dari kehidupan berbangsa dan bernegara, dimana dalam implementasinya dijabarkan dalam Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan dilaksanakan seluruh rakyat dalam bingkai dan semangat Negara Kesatuan Indonesia, dimana meski terdapat perbedaan suku, agama dan ras, semuanya diikat dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

“Menyikapi dinamika kehidupan berbangsa saat ini, bukan rahasia lagi ada oknum-oknum tertentu dengan paham radikal mulai dan sedang menggerogoti anak-anak bangsa sendiri. Dampaknya sudah bisa dilihat dalam beberapa dekade terakhir, dimana gerakan terorisme dan sikap-sikap intoleransi menjadi ancaman keutuhan NKRI,” katanya.

Bagi Senator Maya Rumantir sendiri, disinilah peran semua elemen bangsa khususnya para orangtua untuk menjaga anak-anaknya dan memberikan teladan hidup yang baik.

Dengan demikian, Indonesia nantinya akan bebas dari paham-paham radikal, korupsi, narkoba serta praktek-praktek yang hanya merugikan bangsa sendiri.

Diketahui, usai kegiatan sosialisasi setiap anak dan para Guru menerima masing-masing paket buku Sosialisasi 4 Pilar dan yang meresponi pertanyaan beberapa anak diberikan apresiasi khusus dari Ibu Dr. Maya Rumantir.

(Desieree)**

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini